Memanfaatkan masalah menjadi peluang

Posted: Juli 7, 2010 in Uncategorized

Pernahkah anda mendengar seseorang mengeluh tentang masalah yang dialaminya ? tentu anda pernah mendengarnya atau bahkan pernah mengalaminya. Lalu mengapa sebagian orang justru sukses setelah sebelumnya mengalami kegagalan hingga reputasinya hancur ? inilah karakter unik yang dimiliki oleh orang tersebut dalam menghadapi masalah. Kebanyakan orang menjadikan peluang sebagai sebuah masalah, sedangkan sebagian orang justru menjadikan masalah sebagai sebuah peluang yang membuatnya termotivasi dan menjadi sebuah kekuatan dalam meraih kesuksesan.

“Menjadikan peluang sebagai sebuah masalah”, bagaimana bisa ? begini ceritanya : ketika seseorang mengalami kegagalan, pastinya ia memikirkan ide-ide tentang bagaimana memulihkan kondisi tersebut, pada saat yang bersamaan ia juga memikirkan masalah-masalah yang akan dihadapi jika ide tersebut dirancang. Dengan melihat kondisi serta pengalaman gagal sebelumnya, spontan ia langsung menyimpulkan bahwa idenya itu lebih buruk dari ide yang membuatnya gagal. Padahal idenya ini baru direncanakan, belum dirancang. Wah, situasi seperti ini memang terkadang membuat orang jadi frustasi karena idenya diambil orang. Situasi inilah yang di istilahkan dengan menjadikan peluang sebagai sebuah masalah.

Trus, menjadikan masalah sebagai sebuah peluang gimana ?. ceritanya begini : ketika seseorang mengalami kegagalan, pastinya ia memikirkan ide-ide tentang bagaimana memulihkan kondisi tersebut, pada saat yang bersamaan ia juga memikirkan masalah-masalah yang akan dihadapi jika ide tersebut dirancang. Belajar dari pengalaman gagal sebelumnya, spontan ia langsung menyimpulkan bahwa idenya itu adalah satu dari jutaan ide-ide jenius yang pernah terlintas dalam fikirannya. Tampa fikir panjang, ide itu langsung diwujudkan. Situasi seperti inilah yang di istilahkan dengan menjadikan masalah sebagai sebuah peluang.

Lalu bagaimana jika ide kita ternyata membuat kita gagal lagi ? dalam kehidupan, seseorang terkadang memang harus merasakan kegagalan terlebih dahulu sebelum berhasil karena saat ia berhasil, maka kegagalan ini akan menjadi sangat indah untuk dikenang. Pada dasarnya, ada 2 hal yang bisa membuat orang gagal, pertama karena faktor internal ; kadang-kadang seseorang terlalu takut dalam mengambil resiko ketika menghadapi masalah. Kekhawatiran serta fikiran gagalnya justru akan membuatnya semakin menjauhi kesuksesan. Kedua karena faktor eksternal, ketika kita memikirkan sebuah ide, ternyata ide itu adalah ide-ide yang sangat berat untuk anda wujudkan sehingga ketika anda menjalaninya, anda merasa bahwa ide ini lebih buruk dari ide yang membuat anda gagal. Padahal, ide tersebut bukan merupakan ide buruk baginya tetapi ide luar biasa yang terlalu sulit untuk dikembangkannya. Kesimpulnyya, faktor utama seseorang gagal dalam hidupnya adalah ketidak sesuaian antara apa yang ada dalam hatinya dengan apa yang ingin dilakukan. Atau dengan kata lain “seseorang baru akan sukses jika ia mampu memutuskan untuk mewujudkan satu ide yang sesuai kata hatinya serta mudah untuk ia kembangkan”.

Jadi jka anda berada pada situasi kegagalan, ingatlah bahwa fikiran positif anda adalah ide-ide jenius yang harus anda wujudkan segera.sampai jumpa !

Dari : Firmanmemanfaatkan masalah sebagai pelung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s